2 Cara Mudah Meningkatkan Motivasi Belajar

Agus-sn.blogspot.com ~ Setiap orang pasti membutuhkan yang namanya motivasi, tidak terkecuali seorang pelajar. Motivasi sangatlah penting untuk mengembalikan semangat yang baru down untuk kembali menjadi semangat lagi. 

Motivasi belajar untuk setiap orang tentunya berbeda-beda, tergantung dari keinginan orang yang bersangkutan. Sebagai contoh, ada seorang anak yang harus diberi iming-imingi dengan sebuah hadiah baru punya semangat belajar dan berusaha untuk mendapatkan sebuah rangking yang baik di sekolah. Berbeda halnya dengan seorang anak yang selalu semangat belajar karena punya harapan selalu mendapatkan nilai yang bagus, agar bisa membuat orang tuanya bahagia dan bangga.

Cara Mudah Meningkatkan Motivasi Belajar


Motivasi belajar seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor inilah yang tentunya harus kita pelajari supaya kita selalu termotivasi dan tetap semangat dalam kondisi apapun.

  • Motivasi belajar bisa berasal dari faktor internal. Motivasi ini bisa terbentuk karena munculnya kesadaran pada diri seseorang mengenai betapa pentingnya belajar untuk mengembangkan dirinya dan bekal untuk menjalani kehidupan.
  • Motivasi belajar bisa berasal dari faktor eksternal, Motivasi ini bisa berupa rangsangan dari orang lain, atau lingkungan sekitarnya yang dapat memengaruhi psikologis orang yang bersangkutan.
 

Bagai mana cara meningkatkan motivasi belajar?
Pada prinsipnya, sebuah motivasi belajar bisa terbentuk karena adanya sebuah cita-cita atau ada kesadaran pada dirinya. Apapun itu, tentunya harus ada sebuah pengkondisian agar diri kita atau siapapun memiliki sebuah motivasi belajar. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan motivasi belajar.

1. BERTEMANLAH DENGAN ORANG-ORANG YANG SUKA BELAJAR dan YANG SELALU OPTIMIS


Teman disekitar kita bisa mempengaruhi motivasi belajar, berteman dengan orang-orang yang senang belajar tentunya akan memberi efek yang baik pada kita.


Bertanyalah tentang pengalaman di berbagai tempat kepada orang-orang yang pernah atau sedang melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, orang-orang yang mendapat beasiwa belajar di luar negeri, atau orang-orang yang mendapat penghargaan atas sebuah prestasi. Maka tanpa kita sadari kebiasaan dan semangat mereka akan menular kepada kita. Seperti halnya analogi orang yang berteman dengan tukang pandai besi atau penjual minyak wangi. Jika kita bergaul dengan tukang pandai besi, maka kita pun juga ikut bau bakaran besi, dan jika bergaul dengan penjual minyak wangi, kita pun juga akan ikut wangi.


2. CARILAH SEORANG MOTIVATOR
Terkadang, kita akan membutuhkan bantuan orang lain untuk tetap memberi dorongan dan semangat. 
Misalnya: teman, keluarga ataupun pasangan hidup.


“Resep sukses: Belajar ketika orang lain tidur, bekerja ketika orang lain bermalasan, dan bermimpi ketika orang lain berharap.” –William A. Ward

Demikian 2 Cara Mudah Meningkatkan Motivasi Belajar, semoga bermanfaat

0 komentar