PEDOMAN LOMBA INOBEL GURU SMP TAHUN 2018

PEDOMAN LOMBA INOBEL GURU SMP TAHUN 2018Pendidikan abad 21 menuntut guru untuk menghasilkan generasi global yang memiliki kemampuan berpikir kritis, memiliki kreativitas tinggi, dapat berkomunikasi secara efektif, dan mampu berkolaborasi dengan orang lain untuk menghasilkan inovasi dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan. Oleh karena itu, guru perlu melakukan inovasi dalam memfasilitasi peserta didik memiliki kemampuan tersebut. Dukungan pemerintah dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi guru diwujudkan melalui pelaksanaan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran (Inobel).

Inobel merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran bagi guru, baik dalam hal pendekatan, model, strategi, metode, teknik, maupun media pembelajaran. Suatu inovasi yang dapat membantu memcahkan permasalahan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan proses dan hasil belajar yang bermutu agar peserta didik dapat beradaptasi dengan tuntutan-tuntutan abad 21. Melalui perlombaan ini, karya-karya inovasi pembelajaran yang terpilih dapat dimanfaatkan sebagai rujukan bagi guru dalam peningkatan mutu pembelajaran.

PEDOMAN LOMBA INOBEL GURU SMP TAHUN 2018

Pedoman ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi panitia penyelenggara, guru, tim penilai/juri, Sekolah Menengah Pertama, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provisni, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementerian Pendidikan danKebudayaan (Kemendikbud) dalam melaksanakan perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi guru SMP secara efektif dan efisien.

Tujuan :
  1. termotivasi untuk melakukan inovasi pembelajaran/pembimbingan;
  2. menghasilkan karya inovasi pembelajaran/pembimbingan;
  3. mendiseminasikan hasil inovasi pembelajaran/pembimbingan kepada teman sejawat;
  4. menampilkan hasil karya inovasi pembelajaran/pembimbingan;
  5. memublikasikan hasil karya inovasi pembelajaran/pembimbingan melalui prosiding atau jurnal;
  6. berprestasi mendapatkan penghargaan.


Sasaran : 

Sasaran kegiatan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 adalah guru SMP di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang mencakup guru:

  1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
  2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  3. Bahasa Indonesia
  4. Matematika
  5. Ilmu Pengetahuan Alam
  6. Ilmu Pengetahuan Sosial
  7. Bahasa Inggris
  8. Seni Budaya
  9. Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
  10. Prakarya
  11. Muatan Lokal
  12. Bimbingan dan Konseling
Untuk informasi selengkapnya, silahkan download pada link di bawah ini :

0 komentar